Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit – Kebanyakan orang yang bekerja di organisasi nirlaba atau nirlaba bukanlah profesional akuntansi. Sebaliknya, mereka adalah orang-orang yang penuh semangat dan bekerja keras untuk membuat komunitas mereka dan dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Namun, akuntansi adalah kunci untuk mengubah dunia melalui organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba memerlukan prinsip akuntansi yang efisien dan akurat untuk memanfaatkan sumber daya yang terbatas dan memenuhi misi mereka.

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Bayangkan sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi dengan niat yang benar tetapi tidak mengelola keuangannya dengan baik.

Meluncurkan Lembaga Nonprofit Di Florida: Panduan Langkah Demi Langkah

Sementara itu, organisasi dengan akuntansi yang efektif dan efisien lebih mungkin mengalokasikan sumber dayanya secara tepat dan memajukan misinya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara tuntas apa itu akuntansi nirlaba dan apa bedanya dengan akuntansi komersial. Jadi, baca sampai akhir.

Akuntansi nirlaba atau nirlaba adalah cara mengelola, merencanakan, mencatat, dan melaporkan transaksi keuangan organisasi nirlaba dari waktu ke waktu.

Misalnya, organisasi nirlaba tidak memiliki kepemilikan sah, dan mereka menerima dana dari pendukung yang tidak mengharapkan keuntungan finansial atas investasi mereka.

Tugas Omk 1 Suratmi 3a 6411420028

Dan meskipun akuntansi standar menggunakan satu dana pusat untuk semua pengeluaran, akuntansi dana memisahkan uang menjadi berbagai “dana” terpisah sesuai dengan tujuannya.

Misalnya, jika donor membatasi sumbangannya untuk memastikan bahwa sumbangan tersebut hanya dapat digunakan untuk mendanai dana beasiswa organisasi, maka uang tersebut akan ditambahkan ke dana terbatas yang diperuntukkan bagi beasiswa.

Jika donatur tidak membatasi kontribusinya, uang tersebut dapat ditambahkan ke dana tahunan organisasi Anda dan digunakan untuk biaya overhead, program, atau pengeluaran lainnya.

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Meskipun Anda harus melacak batasan dan informasi lain tentang donasi tertentu dalam sistem akuntansi Anda, jangan biarkan hal tersebut tercampur dengan informasi yang Anda simpan di database donatur Anda.

Asosiasi Kontraktor Sistem Nasional Asosiasi Kekuatan Dan Pengondisian Nasional (nsca) Logo Organisasi Nirlaba, Lainnya, Bermacam-macam, Sudut, Elektronik Png

Data donor tidak hanya berguna untuk membangun hubungan, tetapi juga dapat mempersulit sistem akuntansi Anda jika Anda tidak mengelolanya dengan benar.

Ada perbedaan lain antara akuntansi standar dan nirlaba. Misalnya, alih-alih mengukur ekuitas atau modal, organisasi nirlaba mencatat aset bersih mereka di neraca. Mereka bahkan tidak punya investor, jadi ekuitas tidak relevan.

Akuntansi nirlaba dan akuntansi nirlaba adalah organisasi yang sangat berbeda dan memerlukan pendekatan yang berbeda. Oleh karena itu, mereka juga memerlukan teknik dan keterampilan khusus yang berbeda dari akuntan Anda.

Profesional akuntansi nirlaba harus mematuhi pedoman tertentu saat menyiapkan laporan. Pedoman utama yang harus diperhatikan organisasi Anda adalah PSAK no. 45 standar.

Pengertian Organisasi Nirlaba, Ciri-ciri, Dan Contohnya, Lengkap!

PSAK merupakan singkatan dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Ini adalah prinsip umum yang diterima oleh akuntan di segala bidang. Pedoman tersebut ditetapkan oleh sebuah organisasi bernama Ikatan Akuntan Indonesia atau IAI.

Anggaran organisasi nirlaba adalah dokumen yang familiar bagi orang-orang di organisasi nirlaba. Dokumen ini dibuat oleh pimpinan atau tim keuangan dengan menggunakan informasi dari tim pengembangan dan riwayat kebiasaan belanja organisasi.

Anggaran ini menguraikan pengeluaran yang akan dikeluarkan perusahaan serta pendapatan yang diharapkan diperoleh selama periode waktu tertentu, biasanya satu tahun.

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Pendapatan yang diharapkan dapat dihitung menggunakan angka historis dan dua perhitungan berbeda: metode pisah batas dan metode diskon.

Kenali Perbedaan Konsep Antara Organisasi Profit Dan Non Profit

Anda akan menerima dana. Misalnya, jika Anda memiliki peluang 80% untuk menerima hibah tertentu, Anda perlu mengalikan jumlah hibah tersebut dengan 0,8.

Sedangkan metode diskon mengharuskan Anda mengambil total pendapatan yang diharapkan, namun menghitungnya terhadap kemungkinan diterimanya pendapatan tersebut.

Misalnya, jika Anda berharap menerima total pendapatan sebesar 500.000.000, namun yakin bahwa Anda memiliki peluang 75% untuk mencapai jumlah tersebut, Anda akan memasukkan 375.000.000 ke dalam anggaran Anda.

Anggaran pengeluaran Anda mengelompokkan pengeluaran untuk organisasi Anda ke dalam kategori yang berbeda (dan lebih banyak lagi jika Anda memutuskan).

Apa Perbedaan Usaha Sosial Dan Ngo?

Neraca organisasi nirlaba disebut juga laporan posisi keuangan. Ini adalah dokumen yang paling mewakili kesehatan keuangan organisasi nirlaba.

Dengan memahami bagaimana variabel-variabel ini bekerja sama, Anda dapat menggunakan dokumen berharga ini untuk lebih memahami kesehatan keuangan organisasi Anda secara umum.

Aset bersih positif menunjukkan posisi keuangan yang sehat dalam organisasi Anda, sedangkan aset bersih negatif berarti Anda perlu membuat prioritas ulang.

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Laporan operasional organisasi nirlaba umumnya dikenal sebagai laporan laba rugi dalam bisnis. Laporan ini menunjukkan pendapatan dan pengeluaran dalam organisasi dari waktu ke waktu.

Cara Memulai Organisasi Nirlaba

Selain itu, Anda dapat menggunakan dokumen ini untuk meninjau perubahan aset bersih Anda dari awal tahun hingga akhir tahun.

Misalnya, jika Anda memiliki 50.000.000 aset terbatas yang diperuntukkan bagi program beasiswa, dan kemudian memutuskan untuk memberikan 5.000.000 dalam bentuk beasiswa, Anda tidak akan kehilangan dana tersebut.

Laporan pengeluaran fungsional lembaga nonprofit Anda mengelompokkan pengeluaran Anda ke dalam kategori umum, dan menetapkan “fungsi” untuk setiap pengeluaran.

Klasifikasi ini memisahkan biaya menjadi salah satu dari tiga fungsi operasional: biaya program, biaya administrasi, atau biaya kegiatan penggalangan dana.

Akuntansi Nonprofit: Pengertian & Bedanya Dengan Akuntansi Komersial

Memberikan informasi terperinci tentang laporan pengeluaran fungsional Anda juga berguna ketika tiba waktunya untuk melengkapi formulir pajak tahunan Anda, yang perlu mengelompokkan pengeluaran dengan cara yang sama.

Laporan akuntansi nirlaba ini merinci aktivitas operasi, pendanaan, dan investasi untuk menunjukkan bagaimana uang mengalir melalui organisasi.

Dengan menganalisis laporan ini, Anda dapat dengan mudah melihat bagaimana lembaga nonprofit Anda menggunakan dana yang diterima melalui penggalangan dana, pencarian hibah, dan sumber pendapatan lainnya.

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Baik neraca maupun laporan posisi keuangan memiliki bagian aset dan kewajiban, namun bisnis komersial memiliki bagian untuk ekuitas pemilik, sedangkan organisasi nirlaba atau nirlaba memiliki bagian aset bersih (organisasi nirlaba tidak memiliki bagian aset bersih). pemilik).

Makalah Manajemen Strategi “manajemen Strategik, Lembaga Profit, Dan Nonprofit”

Bagian kekayaan bersih mencantumkan sumber pendanaan dan dibagi menjadi tiga bagian: kekayaan bersih yang tidak dibatasi penggunaannya, kekayaan bersih yang dibatasi penggunaannya sementara, dan kekayaan bersih yang dibatasi penggunaannya secara permanen.

Harta yang dibatasi penggunaannya untuk selama-lamanya adalah harta yang diberikan oleh pemberi sumbangan yang tidak dapat digunakan sampai harta tersebut digunakan.

Misalnya, seorang donatur memberikan $5.000.000 dalam kategori ini. Lembaga dapat menyimpan dana di rekening tabungan yang tidak boleh digunakan, namun mereka dapat menggunakan bunga yang diperoleh dari rekening tersebut.

Apabila bunga tersebut ditunjuk oleh pemberi dana untuk digunakan untuk tujuan tertentu, seperti pemeliharaan gedung, maka bunga tersebut digolongkan sebagai dana yang dibatasi penggunaannya sementara sampai dana tersebut digunakan.

Terbaik Gelar-gelar Magister Di Dalam Ilmu Administrasi Organisasi Nirlaba 2024/2025

Aset yang tidak dibatasi tidak memiliki batasan dalam penggunaannya dan dapat digunakan sesuai kebijaksanaan perusahaan untuk tujuan mendukung operasional perusahaan.

Laporan aktivitas organisasi nirlaba juga menunjukkan pendapatan dan pengeluaran, namun bagi organisasi nirlaba, pendapatan terutama berasal dari penjualan barang dan jasa, tetapi juga dari sumber pendanaan seperti hibah, sumbangan, dan penggalangan dana.

Meskipun organisasi nirlaba dan bisnis tradisional memiliki pengeluaran serupa – utilitas, sewa, penggajian, dan perlengkapan kantor, misalnya – organisasi nirlaba juga menggunakan dana yang terkait dengan misinya, hasil bersih dari sumber pendanaan dan pengeluaran dicatat sebagai surplus. atau defisit.

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Meskipun pemegang buku lembaga nonprofit Anda mencatat informasi keuangan sehari-hari untuk organisasi Anda, akuntan lembaga nonprofit Anda bertanggung jawab untuk meninjau entri pembukuan, melakukan rekonsiliasi akun dan neraca, menyiapkan laporan keuangan, dan meninjau keuangan bersama Anda sebelum akhir setiap periode bulanan, sehingga Anda dapat menjaga lembaga nonprofit Anda tetap pada jalurnya. Keputusan keuangan yang lebih baik dapat dibuat dalam mengelola organisasi.

Apa Itu Organisasi Nirlaba (non-profit)?

Di bagian ini, kami membahas beberapa praktik terbaik yang dapat digunakan akuntan nirlaba untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik.

Pengeluaran overhead mencakup pengeluaran yang digunakan organisasi nirlaba untuk menutupi biaya administrasi, memasarkan misi penggalangan dana, dan membayar pengeluaran internal lainnya yang membantu pertumbuhan organisasi.

Pada dasarnya, biaya overhead adalah pengeluaran yang digunakan organisasi nirlaba untuk membayar segala sesuatu yang bukan merupakan program yang berhubungan langsung dengan misi organisasi.

Misalnya, Anda perlu membayar orang untuk mengelola organisasi nirlaba Anda, mengalokasikan ruang kantor untuk menyelesaikan pekerjaan, dan berinvestasi di situs web untuk menjangkau orang-orang.

Pentingnya Menyusun Laporan Keuangan Entitas Non-laba

Namun, narasi ini berubah seiring semakin banyaknya orang yang menyadari bahwa biaya overhead merupakan biaya pertumbuhan yang penting.

Dorong donatur Anda untuk menilai suatu organisasi berdasarkan dampaknya terhadap masyarakat, bukan berdasarkan berapa banyak dana yang dikeluarkan organisasi untuk penggalangan dana dan biaya administrasi.

Meskipun beberapa organisasi nirlaba melakukan penipuan, banyak yang mencoba melakukan pekerjaan nyata untuk memberikan dampak positif pada dunia.

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Jika mereka gagal mempertahankan persentase tertentu dari pendapatan yang dibelanjakan untuk program, mereka kehilangan status nirlaba, yang merupakan hal yang sebenarnya dilakukan sebagian besar organisasi untuk membuat perbedaan.

Badan Hukum Non Profit Wajib Bayar Pajak, Bener Nggak Sih?

Jika donatur memiliki pertanyaan tentang lembaga nonprofit tempat mereka menyumbang, mereka harus berbicara langsung dengan organisasi tersebut mengenai keuangan mereka.

Meskipun anggota dewan Anda (yang harus benar-benar independen dari organisasi Anda, artinya mereka maupun anggota keluarganya tidak dipekerjakan oleh organisasi nirlaba) selama proses persetujuan anggaran tahunan, ini bukan satu-satunya waktu dalam setahun Anda memeriksa anggaran Anda.

Anda harus memeriksa anggaran Anda setiap bulan, membandingkan pendapatan dan pengeluaran yang dianggarkan dengan pendapatan dan pengeluaran sebenarnya.

Misalnya, jika suatu program atau proyek dihentikan, pendanaan tidak tersedia, atau pendanaan Anda meningkat, Anda dapat mengatasi permasalahan tersebut dan segera menyesuaikan strategi Anda.

Perbedaan Organisasi Profit Dan Non Profit

Penting untuk meninjau dan menyesuaikan anggaran pengeluaran Anda untuk sisa tahun ini untuk memotong pengeluaran jika perlu atau untuk mendanai misi Anda lebih banyak jika Anda menerima dana tak terduga.

Meskipun organisasi nirlaba Anda hanya memiliki dua karyawan, tetap harus ada sistem “checks and balances”.

Organisasi nirlaba kecil bisa jadi sangat sulit menerapkan pengendalian internal, namun ada beberapa panduan khusus yang dapat Anda ikuti:

Perbedaan Antara Organisasi Nirlaba Dan Profit

Misalnya, jika pemegang buku Anda mencatat semua pendapatan untuk perusahaan Anda, orang lain harus menyetujui penghapusan tersebut.

Social Entrepreneurship, Langkah Baru Dalam Bisnis Berkelanjutan

Keamanan siber nirlaba dapat menjadi risiko besar bagi sebuah organisasi, terutama ketika Anda menangani informasi transaksional yang sensitif. Terapkan prosedur khusus di organisasi Anda untuk mengelola data ini.

Beberapa barang mudah dibawa pulang kerja dan dilupakan. Lakukan inventarisasi umum komputer, ponsel, dan barang lain yang Anda miliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like